Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Pemahaman Konsep Agama Islam Siswa Madrasah Ibtidaiyah

  • Noor Hafidhoh

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi merupakan salah satu instrumen untuk
mengukur kepribadian mahasiswa menuju terbentuknya insan terpelajar yang mahir
berkomunikasi dan berbahasa Indonesia. Mahasiswa memiliki peran untuk menggunakan
bahasa Indonesia, salah satunya dalam penulisan makalah. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
menulis makalah bahasa Indonesia, dosen menerapkan model flipped classroom.
Penggunaan model ini bertujuan meningkatkan pemahaman penulisan makalah pada
mahasiswa semester awal Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk.
Pada penerapan, langkah-langkah pembelajaran di luar kelas, dosen memberikan materi
teknik penulisan makalah melalui grup WhatsApp dan penugasan untuk membuat makalah
dengan berkelompok. Di dalam kelas, kelompok mahasiswa mempresentasikan dan
berdiskusi tentang materi yang ditugaskan oleh dosen. Selanjutnya, dosen memberikan
penguatan dan evaluasi, serta mahasiswa menindaklanjuti merevisi makalah. Model flipped
classroom dapat dijadikan sebagai solusi inovatif model pembelajaran bahasa Indonesia
dalam pemahaman penulisan makalah pada mahasiswa semester awal.

Published
2024-02-21